Dalam artikel yang ditulis Asrie bin Shobrie
ini sungguh banyak sekali kejahilan bahkan penipuan dan dusta atas nama ulama
salaf. Pemahaman yang sangat dipaksakan sesuai selera pemahaman dangkalnya yang
sangat jauh dari maksud sebenarnya. Bahkan dalam tulisan Arsie ini pembaca akan
menemukan banyak sekali kecurangan dan jenayah ilmiyyah yang dilakukannya, saya
akan kupas dan bahas secara detail dan ilmiyyah berdasarkan data-data valid,
akurat yang bersumber langsung dari kitab-kitab para ulama yang dijadikan
rujukan oleh Asrie bin Shobrie ini. Semoga bermanfaat..
Asrie bin Shobrie mengatakan :
Ahlus
Sunnah wal Jamaah yang beriman dengan ALLAH ta’ala sesuai dengan metodologi
yang dibawa oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam yang kemudian
disampaikan oleh para Sahabat –radiallahu ‘anhum- dan diwariskan generasi ke
generasi oleh Ulama’ as-Salaf daripada Tabi’in dan Tabi’ Tabi’in; mereka
beriman bahawa ALLAH ta’ala mempunyai sifat-sifat kemuliaan dan kesempurnaan
yang hakiki seperti yang ALLAH sendiri khabarkan dalam al-Quran dan disampaikan
oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam dalam al-Sunnah.
Mereka
beriman bahawa sifat-sifat ini benar dan wujud pada ALLAH ta’ala dan zat ALLAH
bersifat dengan sifat-sifat ini, namun mereka beriktiqad bahawa kaifiat dan
bentuk sifat ini tidaklah sama dengan kaifiat dan bentuk sifat makhluk walaupun
terdapat perkongsian pada penamaan ‘am sifat-sifat ini antara ALLAH dengan
makhluk.
Hal
ini dapat dibuktikan dengan dalil ‘aqli yang sahih; kita dapat melihat manusia
berkongsi mempunyai ((wajah)) namun wajah setiap insan tidak sama walaupun
berkongsi beberapa khususiah seperti; ada kening, dagu, pipi, hidung, mulut,
dan “muhdats” (makhluk) namun tidak dijumpai wajah manusia dengan manusia yang
lain sama 100% bahkan antara kembar seiras sekalipun tidaklah sama 100%.
Jika terdapat perbezaan yang begini besar dan ketara antara wajah sesama
manusia yang berkongsi khususiah, maka tentu sekali antara wajah manusia dan
haiwan terdapat perbezaan dan tentu sekali jika wajah sesama makhluk
berbeza-beza, perbezaan antara wajah makhluk dengan wajah al-Khaliq jalla wa
‘ala lebih utama dan pasti.
Saya jawab :
Mengklaim adanya perbezaan antara wajah makluk dengan
wajah al-Khaliq, sama saja mengklaim adanya kaifiyyah bagi Allah, kerana yang
menjadikan adanya perbezaan tidak ada lain adalah kaifiyyah (visualisasi).
Artinya Asrie telah menetapkan adanya kaifiyyah bagi Allah walaupun ia
mengatakan tidak mengetahui kaifiyyah Allah seperti apa. Ini jelas
sebenar-benarnya akidah tajsim dan tasybih. Yang benar adalah Allah tidak
seperti makhluk-Nya dan Allah disucikan dari kaifiyyah, kerana Dia-lah yang
menciptakan makhluk dan menciptakan kaifiyyah.
Imam Malilk mengatakan :
“ Kaif (visualisasi
bagi Allah) itu tidak ada dalam logika dan istiwa itu tidaklah majhul (artinya
diketahui dan disebutkan dalam syare’at pada tujuh ayat) “[1]
Ibnul Jauzi mengatakan :
“ Apa yang
berpotensi mengarah pada fisik bersama-Nya, maka kaegungannya sungguh agung
dari mencapai pencegahan kahayalan. Bagaimana Allah bisa ditanayakan padanya
bagaimana (kaif) ? sedangkan kaif (visualisasi) pada haq Allah itu mustahi “.[2]
Al-‘Allamah
ar-Raghib asl-Ashfihani mengatakan : “ Kaif (sebuah
kalimat istifhâm untuk menanyakan metode, tata cara, visualisasi) adalah lafadz
yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang serupa atau pun tidak seperti
hitam dan putih, sakit dan sehat, oleh sebab itu tidak pantas ditanyakan bagi
Allah dengan ucapan kaif (bagaimana) “[3]
Diiwayatkan dari Ishaq bin Ibrahim al-Handzali
rahimahullah, bahwa ia berkata : “ Amir Abdullah bin Thahir berkata padaku :
“ Wahai Abu Ya’kub, hadits ini yang diriwayatkan dari Rasulullah shallahu
‘alaihi wa sallam : “ Tuhan kita turun setiap malam “, bagaimana Dia urun ?
maka Ishaq bin Ibrahim menjawab : “ Aku menjawab, “ Semoga Allah memuliakan
Amir, pada urusan Allah tidak boleh dikatakan Kaif, sesungguhnya Allah turun
tanpa kaif “.[4]
Perhatikan Ishaq bin Ibrahim al-Handzali ini yang
dikenal dengan ishaq bin Rahawih yang menafikan kaif dari Dzat Allah Ta’ala.
Tapi wahabi justru menetapkan adanya kaif bagi Allah dan wahabi mengatakan “
Kami tidak mengetahui kaifiyyah sifatnya Allah secara hakikatnya “. Padahal
kaifiyyah hanya ada pada mutakayyif yakni makhluk.
Imam Baihaqi mengatakan :
“ Dan turunnya Allah bukanlah dengan sifat
perpindahan, diri-Nya bukanlah dengan jisim, wajah-Nya bukanlah dengan bentuk
rupa, tangn-Nya bukanlah dengan jarihah (organ tubuh), mata-Nya bukanlah dengan
kelopak. Sesungguhnya sifat-sifat ini datang dengan tauqif, maka kami
mengatakannya dan kami menafikan takyif bagi Allah. Allah telah berfirman : “
Tidak ada sesuatu pun seperti Allah “, Allah juga berfirman : “ Tidak ada
sesuatu yang sekufu dengan Allah “, Allah juga berfirman : “ Apakah kamu
mengetahu nama bagi-Nya “.[5]
Imam Ibnu Abdil Barr mengatakan :
“ ..Karena
ini adalah kaifiyyah sedangkan mereka (ulama salaf) sangat takut dari
(mengucapkan)-nya. Karena kaifiyyah itu tidak layak kecuali untuk sesuatu yang
memiliki batasan secara nyata, sedangkan Allah Maha Agung dan Suci dari hal itu
“.[6]
Perhatikan dan renungkan ucapan imam Abdul Barr
tersebut, beliau dengan tegas menyatakan bahwa para ulama tidak berani
mengatakan kaif bagi Allah karena kaif hanya ada pada sesuatu yang memiliki
batasan yaitu makhluk sedangkan Allah
tidak memiliki batasan dan Allah bukanlah makhluk. Inilah yang dimaksud oleh
ulama salaf yang mengatakan “ Bilaa takyiif “, bukan seperti pemahaman wahabi
yang memalingkan maksud sebenarnya yakni Allah memiliki kaifiyyah akan tetapi
kaifiyyahnya tidak diketahui makhluk-Nya. Naudzu billahi min suu-il fahm.
Asrie mengatakan :
Tidak
ada orang yang beraqal mengatakan mengisbatkan perkongsian pada penamaan ‘am
sesuatu sifat membawa kepada “tasybih” (yakni: Tamtsil) seperti contoh: “Zaid
mempunyai wajah, Unta juga mempunyai wajah” tidak ada orang beraqal dalam ‘alam
ini yang berkata orang yang berkata sebegini telah men-tasybih-kan Zaid dengan
Unta atau men-tasybih-kan Unta dengan Zaid. Tasybih akan berlaku jika seseorang
berkata: “Wajah Zaid seperti Unta; mempunyai bulu, mulutnya panjang, matanya di
sisi…” inilah Tasybih yakni menafikan adanya kadar perbezaan antara dua sifat.
Saya jawab :
Ucapan yang benar tapi bermaksud bathil. Kaidah
tersebut memang benar jika dipraktekkan atau dinisbatkan pada makhluk. Akan
tetapi sangat salah jika dinisbatkan untuk Allah. Karena Allah Maha Suci dari
segala sifat makhluk-Nya. Rupanya dzat Allah dalam pikiran Asrie adalah sama
seperti makhluk yang boleh dibayangkan.
Perhatikan
ucapan imam Qurthubi ahli tafsir berikut ini :
السادسة: قوله
تعالى: { فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ٱبْتِغَاءَ ٱلْفِتْنَةِ
وَٱبْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ } قال شيخنا أبو العباس رحمة الله عليه: متبِعو المتشابه
لا يخلو أن يتبعوه ويجمعوه طلباً للتشكيك في القرآن وإضلالِ العوامّ، كما فعلته
الزنادقة والقرامِطة الطاعنون في القرآن؛ أو طلباً لاعتقاد ظواهر المتشابه، كما
فعلته المجسِّمة الذِين جمعوا ما في الكتاب والسنة مما ظاهره الجِسمية حتى ٱعتقدوا
أن البارىء تعالى جسم مجسم وصورة مصوّرة ذات وجه وعين ويد وجنب ورجل وأصبع، تعالى
الله عن ذلكٰ…
“Keenam: Firman Allah ((mereka mengikut apa
yang samar daripadanya untuk mengkehendaki fitnah dan mengkehendaki
ta’wilnya)). Guru kami Abu Al-Abbas berkata: “Mereka yang mengikuti
mutasyabihat tidak lain apakah mengikuti mutasyabihat dan menghimpunkannya
(menghimpunkan ayat-ayat mutasyabihat untuk menetapkan makna dhahir atau
menetapkan kontradiksi antara ayat-ayat Al-Qur’an) untuk membuat keraguan dalam
Al-Qur’an dan menyesatkan orang awam sebagaimana yang dilakukan oleh Zindiq,
Qaramithoh yang menuduh Al-Qur’an, ataupun percaya/berpegang dengan
dhahir-dhahir (makna dhahir) mutasyabih sebagaimana yang dilakukan oleh
mujassimah yang menghimpun yang terkandung dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah
yang mana makna dhahirnya mengandungi makna kejisiman, lalu mempercayai Allah
itu suatu jisim yang berjisim, suatu rupa yang mempunyai rupa bentuk, yang
mempunyai wajah, mata, tangan, sisi, kaki dan jemari yang mana maha suci Allah
daripadanya (sifat-sifat tersebut)….”[7]
Imam
Qurthubi mencela kaum yang menuntut zahir-zahir ayat mutasyabihat, mereka adala
kaum mujassimah yang selalu berkutat katit di dalam zahir nash yang mewawahmkan
tasybih, hingga mereka berkeyakinan Allah punya jisim tertentu, rupa tertentu,
punya wajah, mata, tangan, lempeng, kaki dan jari. Seandainya zahir-zahir ayat
sifat ini tidak mewahamkan kepada tasybih, kenapa imam Qurthubi dan para ulama
lainnya mencela kaum yang berpegang dengan zahir maknanya seperti kaum
mujassimah ini?? Afalaa ta’qiluun ya Asrie ??
Asrie
mengatakan :
Adapun
menetapkan kadar ‘am antara dua benda wujud maka ini tidak tergambar pada aqal
yang waras ianya tasybih bahkan tidak dapat tidak setiap benda yang wujud mesti
berkongsi pada penamaan ‘am seperti: “Wujud”. Diketahui bahawa makhluk “wujud”
demikian juga al-Khaliq tabaraka wa ta’ala Wujud, tidak ada orang ber’aqal
waras akan berkata: “jika kamu berkata Tuhan wujud, makhluk juga wujud, ini
adalah (Tasybih)!!”. Bahkan diketahui walaupun terdapat perkongsian pada
penamaan ‘am wujud, di sana ada juga kadar perbezaan antara dua jenis wujud;
Wujud al-Khaliq yang diistilahkan Ahli Falsafah sebagai “Wujud yang Wajib”
manakala wujud makhluk adalah: “Wujud yang Mumkin (harus)”.
Saya jawab :
Kaidah bathil yang diciptakan kaum wahabi ini
mengakibatkan dua kebahayaan :
Bahaya pertama : Sadar atau tidak ia telah meyakini
jismiyyah pada Allah Ta’ala, karena hakikat tangan, kaki, wajah, mata, betis
dan semisalnya pada makhluk secara umum adalah anggota atau organ-organ tubuh
yang berjisim yang memiliki ukuran panjang, lebar, dalam, pendek dan batasan.
Bahaya kedua : ia telah meyakini bahwa Allah
berbentuk, dan memiliki kaifiyyah.
Perhatikan ucapan imam al-Qurthubi berikut ini :
وهذه الآية من المشكلات،والناس فيها وفيما شاكلها على ثلاثة أوجه ،قال بعضهم
: نقرؤها ونؤمن بها ولانفسرها وذهب إليه كثيرمن الأئمة،وهذاكما روي عن مالك رحمه الله أن رجلاًسأله عن قوله تعالى ٱلرَّحْمَـٰنُ عَلَى ٱلْعَرْش ِٱسْتَوَى,قال مالك
: الاستواء غيرمجهول ،والكيف غيرمعقول ،والإيمان به واجب ،والسؤال عنه بدعة ،وأراك رجل سَوْء! أخرجوه. وقال بعضهم
: نقرؤهاونفسّرهاعلى مايحتمله ظاهراللغة وهذاقول المشبّهة . وقال بعضهم
: نقرؤها ونتأوّلها ونُحيل حَمْلهاعلى ظاهرها
“ Dan ayat
ini sebagian dari ayat-ayat yang sulit, Dan manusia pada ayat ini dan pada
ayat-ayat sulit lainnya, ada tiga (3) pendapat : Sebagian mereka berkata :
“kami baca dan kami imani dan tidak kami tafsirkan ayat tersebut, pendapat ini
adalah pendapat mayoritas para Imam, dan pendapat ini sebagaimana diriwayatkan
dari Imam Malik –rahimahullah- bahwa seseorang bertanya kepada nya tentang
firman Allah taala (Ar-Rahman ‘ala al-‘Arsyi Istawa), Imam Malik menjawab :
Istiwa’ tidak majhul, dan kaifiyat tidak terpikir oleh akal (mustahil), dan
beriman dengan nya wajib, dan bertanya tentang nya Bid’ah, dan saya lihat anda
adalah orang yang tidak baik, tolong keluarkan dia”. Dan sebagian mereka
berkata : “kami bacakan dan kami tafsirkan menurut
dhohir makna bahasa (lughat)”, pendapat ini adalah pendapat Musyabbihah (orang
yang menyerupakan Allah dengan makhluk). Dan sebagian mereka berkata
: “kami bacakan dan kami Ta’wil dan kami berpaling dari memaknainya dengan
makna dhohir ”.[8]
Seandainya teks mutasyabihat yang mengkabarkan sifat
Allah tidak mewahamkan tasybih dan tajsim, kenapa imam Qurthubi menyatakan
musyabbihah kepada kaum yang membawa teks shifat kepada makna zahir bahasa??
Kaidah bathil ini diakibatkan ketidak pahaman Asrie
dan kaum wahabi tentang pembagian sifat-sifat Allah Ta’ala dalam al-Quran.
Sifat-sifat Allah Ta’ala dalam al-Quran terbagi menjadi tiga bagian :
Bagian pertama : Sifat yang tidak menimbulkan baharu
dan jisim Seperti sama’ (pendengaran), Bashar (penglihatan), qudrah (kemampuan)
‘ilm (pengetahuan) dan lain sebagainya, maka sifat-sifat ini kita tetapkan
dengan makna kulli-nya (makna keseluruhannya), adapun makna khusus dari
sifat-sifat Ma’aani semacam ini maka tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah
Ta’ala. Pendengaran Allah tidaklah sama dengan pendengaran maklhuk-Nya.
Pendengaran makhluk memiliki batasan dengan zaman dan tempat, datang dan pergi,
butuh terhadap alat telinga, daun telinga dan semacamnya. Sedangkan pendengaran
Allah tidaklah dibatasi oleh semua itu. Disucikan dari segala organ dan alat.
Sifat-sifat ini tidak ditafwidh maknanya secara keseluruhan kerana tidak
menimbulkan taysbih dan jisim, adapun makna khususnya maka harus ditafwidh
sebab tidak ada yang mengetahui hakikat pemahaman sifat itu kecuali Allah
Ta’ala sendiri.
Bagian kedua : Sifat yang menimbulkan kekurangan dan
aib bagi Allah seperti nisyaan (lupa), maka ini harus / wajib ditakwil dan
tidak boleh ditafwidh maknanya.
Bagian ketiga : Sifat yang makna zahirnya mewahamkan
pada taysbih dan kekurangan. Kerana makna zahirnya menunjukkan pada sifat
jisim. Dan dalam bahasa Arab memiliki makna-makna lainnya yang layak bagi
keagungan Allah Ta’ala. Contohnya sifat tangan, ini memiliki banyak makna di
antaranya adalah jarihah (organ tubuh), makna semacam ini telah dinafikan oleh
ulama salaf dan kholaf dan inilah makna hakikatnya secara bahasa. Tinggal
tersisa makna-makna majaznya. Ulama salaf tidak mau menentukan satu pun dari
makna majaznya, kerana memastikan satu makna dari makna-makna majaznya adalah
hanya bersifat dzhann (Sangkaan) bukan yakin. Mereka tidak mau menempatkan
sifat Allah pada tempat sangkaan belaka, maka mereka mentafwdih makna yang
dimaksudnya dari teks-teks sifat kepada Allah Ta’ala.
Hal ini sebagaimana dikatakan oleh imam al-Qadhi Abu
Bakar ibn ‘Arabi :
“ Imam
al-Qadhi Abu Bakar ibn ‘Arabi mengatakan : “ Hadits-hadits sahih dalam bab ini
– yakni dalam bab shifat- terbagi menjadi tiga tingkatan :
Pertama :
Sifat yang lafaz-lafaznya datang dengan menunjukkan kesempurnaan semata, tidak
ada aib atau kekurangan. Maka ini wajib diyakini.
Kedua :
Sifat yang lafaz-lafaznya ada kekurangan, maka ini tidak ada bagian sedikitpun
bagi Allah, tidak boleh disandarkan kepada-Nya kecuali ia terhalang darinya
dalam makna secara dharurat saja seperti firman-Nya, “ Wahai hambaku, aku sakit
kenapa tidak menjengukku “, dan semisalnya.
Yang ketiga
: sifat yang lafaz-lafaznya ada kesempurnaan akan tetapi mewahamkan taysbih “.[9]
Kemudian
beliau melanjutkan :
“ Adapun sifat yang datang dengan kesempurnaan semata
seperti sifat wahdaniyyah, ilmu, qudrah, iradah, hayat, sama’, bahsar, ihathah,
taqdir dan tadbir, tidak ada sekurtu, maka tidak ada pembicaraan di antara
ulama dan tidak ada no coment. Adapun sifat yang lafaznya datang dengan
kekurangan semata seperti firman Allah Ta’ala “ Siapakah yang mau menghutangkan
Allah dengan hutang yang baik “ dan firman-Nya “ Aku lapar kenapa kamu tidak
memberikan aku makan “, maka semua orang baik yang alim maupun yang jahil
mengetahui bahwa hal itu adalah kinayah (sindiran), akan tetapi Allah
menyandarkan hal itu kepada dzat-Nya yang Mulia lagi Suci sebagai kemuliaan
kepada wali-Nya dan sebagai kehormatan dan pelembutan bagi hati...
Maka jika ada lafaz-lafaz yang muhtsmsl (mengandung
makna yang banyak) yang terkadang dari satu sisi datang untuk kesempurnaan dan
satu sisi lainnya kadang untuk kekurangan / aib, maka wajib bagi setiap muslim
yang cerdas untuk menjadikannya makna kinayah / sindiran yang boleh atas-Nya,
dan menafikan dari apa yang tidak boleh atas-Nya. Maka ucapan di dalam tangan,
pergelangan tangan dan jari adalah kalimat-kalimat indah yang menunjukkan
makna-makna mulia, karena kalimat saa’id (pergelangan tangan) menurut orang
Arab kadang terarahkan pada makna kekuatan dan kesangatan, dan disandarkan
kalimat saa’id kepada Allah kerana sesungguhnya segala urusan milik Allah.
Demikian juga ucapannya : “ Sesungguhnya sedekah itu jatuh di telapak tangan
Allah yang Maha Pengasih “, diibaratkan dengan kalimat telapak tangan,
dimaksudkan penjagaan orang miskin sebagai kemuliaan dan apa yang dibalik
dengan jari jari itu ebih mudah dan ringan dan lebih cepat “.[10]
Asrie
mengatakan :
Apabila
difahami kaedah yang sedia jelas dan terang pada ‘aqal ini, diketahui secara
daruri juga bahawa menetapkan bagi ALLAH ta’ala sifat-sifat kesempurnaan secara
hakiki tidaklah melazimkan sama sekali menyamakan ALLAH ta’ala dengan makhluk
bahkan sifat-sifat ALLAH dan makhluk itu terdapat perbezaan antara keduanya
dengan perbezaan yang sangat besar di mana sifat ALLAH adalah maha sempurna
sedangkan sifat makhluk maha kekurangan.
Saya jawab :
Ya benar, jelas secara akal kaum wahabi bukan akal
kaum muslimin yang sehat. Sebagaimana telah saya katakan sebelumnya bahwa sifat
Allah yang mewahamkan kepada taysbih, tidak bisa dimaknai dengan makna
hakikatnya sebab makna hakikatnya secara bahasa Arab adalah mengandung jisim
dan tasybih, sedangkan ada makna-makna lainyya yang layak bagi Allah. Namun
para ulama salaf tetap tidak mau menentukan makna-makna lain yang layak
tersebut. Inilah makna dan maksud dari tafwidh para ulama salaf.
Secara realita dan fakta sikap para ulama salaf ini, sudah jelas membatalkan kaidah ciptaan wahabi tersebut. Perhatikan ucapan para ulama berikut ini :
“ Imam Baihaqi
berkata : “ Telah mengabarkan pada kami Muhammad bin Abdullah al-Hafidz, telah
mengabarkan padaku Muhammad bin Yazid, aku mendengar Abu Yahya al-Bazzar
berkata : “ Aku mendengar Abbas bin Hamzah berkata : “ Aku mendengar Ahmad bin
Abi al-Hawari berkata : “ Aku mendengar Sufyan bin Uyainah berkata : “ Semua
apa yang Allah sifatkan diri-Nya di dalam kitabnya, maka penafsirannya adalah
pembacaannya dan diam atasnya “. Berkata imam al-Baihaqi : “ Sesungguhnya
Sufyan bermaksud dengan ucapan itu – wa Allahu A’lam- adalah dengan penafsiran
yang yang menyebabkan pada takyif (visualisasi), sedangkan takyif itu
menyebabkan pada tsyabih (penyerupaan) pada Allah dengan makhluk-Nya di dalam
sifat-sifat baharu “.[11]
Perhatikan ucapan dan komentar imam Baihaqi di atas,
beliau mengomentari ucapan imam Sufyan dengan penafsiran yang menyebabkan
takyif dan tasybih, adapun penafsiran yang tidak menyebabkan takyif dan
tasybih, maka sah-sah saja ditafsirkan.
Imam Al Alusi dalam tafsir Ruhul Ma’ani Berkata:
وأنت تعلم أن المشهور من مذهب السلف عدم تأويل
مثل ذلك بتقدير مضاف ونحوه بل تفويض المراد منه إلى
اللطيف الخبير مع الجزم بعدم إرادة
الظاهر
“Engkau telah mengetahui, bahwa yang
masyhur dari madzhab salaf adalah meniadakan takwil seperti itu, dengan cara
menambahkan atau lainnya, tetapi (mereka)
tafwidh (menyerahkan) maksudnya kepada Al Lathiful Khabir (maksudnya
Allah Ta’ala) beserta meyakininyadengan tanpa mengkehendakinya secara literal.”
[12]
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata :
“ Dan dikikhtilafkan di dalam maksud dengan telapak
kaki, metode ulama salaf di dalam bab ini dan selainnya sangatlah masyhur yaitu
hendaknya melewati lafaz itu sebagaimana datangnya, tidak condong untuk
mentakwilnya bahkan bekeyakinan kemustahilan apa yang mewahamkan kekurangan
atas Allah “. [13]
Semua fakta
ini menunjukkan adanya perbedaan antara sifat khabariyyah Allah dan sifat
selain khabariyyah, tidak bisa dipungkiri sama sekali bagi yang mengkajinya.
Asrie
mengatakan :
Tidak
ada dalam kalangan Umat Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam yang ingkar akan
sifat-sifat ALLAH ta’ala sehinggalah munculnya seorang Syaitan Akbar bernama:
al-Jahm bin Safwan Abu Muhriz al-Rasibi (dibunuh oleh kerajaan Bani Umayyah
pada tahun 128 H) yang menzahirkan ‘aqidah Ta’til dan ingkar sifat-sifat ALLAH
ta’ala. Kepada al-Jahm inilah disandarkan Firqah al-Jahmiah yang telah dihukum
Ulama’ as-Salaf sebagai “Kafir” dan terkeluar daripada Islam.
Kata
al-Imam al-Zahabi –rahimahullah-:
فكان
الناس في عافية وسلامة فطرة حتى نبغ جهم فتكلم في الباري تعالى وفي صفاته بخلاف ما
أتت به الرسل وأنزلت به الكتب، نسأل الله السلامة في الدين.
Maksudnya:
“adalah manusia berada dalam keadaan yang sangat ‘afiat dan sejahtera fitrah
mereka sehinggalah muncul Jahm lalu dia berbicara berkenaan al-Bari ta’ala
dalam sifat-sifatNya dengan perbicaraan yang menyalahi apa yang dibawa oleh
para Rasul dan apa yang diturunkan dengannya Kitab-kitab, kita bermohon kepada
ALLAH kesejahteraan dalam agama”. [Tarikh al-Islam, 3/389].
‘Aqidah ta’til ini
al-Jahm mengambilnya daripada Ja’ad bin Dirham (dibunuh oleh kerajaan Bani
Umayyah pada pada tahun 124 H) di mana Ja’ad adalah orang pertama yang
menzahirkan ‘aqidah (al-Quran adalah makhluk) dan ingkar ALLAH berbicara dengan
Musa ‘alaihis salam juga ingkar sifat al-Khullah lalu menafikan Ibrahim
‘alaihis salam adalah “Khalil ALLAH”.
Al-Ja’ad
berguru dengan seorang Yahudi bernama: Bayan bin Sam’an dan Bayan bin Sam’an
ini berguru dengan Talut anak saudara perempuan kepada Labid bin al-A’som –ahli
sihir yang menyihir baginda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam- dan Talut
ini berguru dengan bapa saudaranya; Labid bin al-A’som –laknatullahi ‘alaih-.
Inilah
apa yang disebut para Ulama’ sebagai ((Sanad Kejahatan)) yakni Sanad ‘aqidah
Ta’til (menafikan sifat ALLAH) yang berasal daripada Yahudi Kafir Ahli Sihir yang
telah menyihir Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak hairan ada
sekelompok Ahli Kalam yang cuba untuk membersihkan “nama baik” Labid bin
al-A’sam dengan mengingkari kisah penyihiran ke atas baginda Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa sallam. [rujuk: al-Bidayah wan Nihayah, Ibn Katsir,
13/147, Tahqiq: al-Turki].
Saya jawab :
Saya sangat sesalkan jika Asrie bin Shobrie ini
seorang doktor atau dosen dalam akidah, kerana ternyata ilmunya seperti anak
pemula yang baru belajar akidah dan sejarahnya, lalu sudah berani bersuara
lantang di depan umum. Dia tak sadar bahwa dia ibarat anak kecil (budak) yang
bermaen silat di depan para master / guru silat.
Membawakan sejarah akidah ta’thil kaum jahmiyyah dalam
menyinggung kepada Ahlus sunnah wal jama’ah dalam hal ini kaum Asy’ariyyah dan
Maturudiyyah, adalah sebuah kebodohan dan kejahatan. Sebab Asy’ariyyah dan
Maturudiyyah sangat bertolak belakang dengan kaum jahmiyyah. Sebagaimana telah
saya jelaskan di awal, yang kesimpulannya adalah tidak ada satu pun Ahlus
sunnah wal jama’ah sejak masa sahabat, tabi’in hingga sekarang ini yang
menafikan atau membatalkan sifat-sifat Allah Ta’ala sama ada sifat Dzatiyyah
atau sifat Khobariyyahnya.
Kaum ‘Asy’ariyyah yang mengikuti madzhab ulama salaf
yang secara fakta dan realita memiliki dua sikap terhadap ayat-ayat shifat
yaitu pertama-tama menjauhkan dari makna zahirnya yang mewahamkan pada tajsim
dan tasybih, kemudian mereka mentafwidh (menyerahkan) maknanya kepada Allah
Ta’ala. Sebagian salaf ada yang mentakwil dan diikuti oleh sebagian kelompok
Asy’ariyyah dengan takwil yang layak bagi keagungan Allah Ta’ala. Dua metode
ulama salaf ini sama-sama memalingkan teks-teks sifat dari makna zahirnya yang
tidak layak bagi keagungan Allah Ta’ala.
Dan mereka dalam arti lain tetap mengimani teks-teks sifat tersebut
sebagaimana datangnya. Hal ini sangat jauh berbeda dengan kaum Mu’aththilah
yang sesungguhnya mereka membatalkan akan sifat-sifat Allah yang menyerupai
sifat makhluk.
Mereka kaum Ahlus sunnah dari kalangan Asy’ariyyah
yang mentakwil, tampil membatalkan hujjah ahlul bid’ah seperti mujassimah dan
mu’aththilah engan menggembalikan penggunaan ayat-ayat mutasyabihat dan
hadits-hadits yang samar kepada makna dan maksud yang sesuai dengan kebesaran
dan keagongan Allah Ta’ala berdasarkan petunjuk bahasa Arab dan dalil-dalil
akal dan naqal.
Asrie bin Shobrie mengatakan :
Adapun
Ahlus Sunnah wal Jamaah yang melazimi methode as-Salaf as-Soleh –radiallahu
‘anhum-, mereka beriman dengan sifat-sifat ALLAH ta’ala sesuai dengan kehendak
ALLAH ta’ala dan sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh Rasulullah
sallallahu ‘alaihi wa sallam iaitu:
- Beriman
dengan semua sifat yang tsabit dalam al-Quran dan as-Sunnah yang Sahih
mengikut zahirnya.
- Menafikan
segala sifat kekurangan dan ‘aib daripada ALLAH ta’ala.
- Mendiamkan diri daripada bercakap dalam masalah sifat tanpa sandaran dalil yang sahih daripada Naqal.
Saya jawab :
Akidah salaf atau mayoritas
ulama Ahlus sunnah wal-Jama’ah di dalam menyikapi teks-teks mutasyabihat adalah
mengimaninya dan menyerahkan maknanya kepada Allah subhanahu wa ta’aala tanpa
penyerupaan dan kafiyyahnya dan ada pula sebagian dari ulama salaf yang
mentakwil teks- mutasyabihat untuk memberikan makna yang sesuai dengan
keagungan dan kesucian Allah subhanahu wa Ta’aala sebagaimana banyak dilakukan
pula oleh ulama khalaf.
Inilah dua metode yang sama-sama dilakukan ulama salaf
dan ini merupakan fakta serta realita yang tidak bisa dipungkiri.
Point pertama yang ditulis Asrie jelas salah, kerana tak ada satu pun bukti ulama salaf memahami nash shifat dengan zahir maknanya sebagaimana telah saya uraikan di awal. Ibnu Khuzaimah telah membuat kesimpulan bahwa telah ijma’ kaum salaf tidak membicarakan makna dari nash-nash shifat, beliau mengatakan :
“
Para imam kaum muslimin dan perintis madzhab serta para pemimpin agama seperti
Malik, Sufyan, al-Awza’i, asy-Syafi’i, Ahmad bin Hanbal, Ishaq, Yahya, Ibnul
Mubarak, Abu Hanifah, Muhammad bin Hasan dan Abu Yusuf, tidak membicarakan
hal itu (ayat shifat) dan mencegah para pengikutnya mendalaminya serta
menunjukkan mereka atas al-Quran dan Sunnah “.[14]
Ini jelas berbeda kenyataannya dengan Asrie dan kaum
wahabi yang suka membicarakan makna dari nash-nash sifat dan ayat-ayat
mutasyabihat. Maka jelas Asrie dan kaum wahabi menyelisihi metode ulama salaf,
bahkan kaum wahabi justru yang tekena musibah dari Allah dengan sikap mereka
yang mengikuti ayat-ayat mutasyabihat dan membuat fitnah sehingga menyesatkan
orang lain sebagaimana dijelaskan oleh imam Abul Hayyan (754 H) ketika menafsirkan ayat ke tujuh dari surat Ali Imran berikut :
)) فيتبعون ما تشابه منه((
قال القرطبي: متبعو المتشابه إما طالبو تشكيك وتناقض وتكرير، وإما طالبو ظواهر
المتشابه: كالمجمسة إذ أثبتوا أنه جسم، وصورة ذات وجه، وعين ويد وجنب ورجل وأصبع.
“((mereka yang
mengikuti kesamaran daripadanya)):
“Imam
Al-Qurthubi berkata: Mereka adalah yang mengikut mutasyabihat apakah
menginginkan utk meragukan, atau mendakwa ada pertentangan dalam Al-Qur’an atau
pengulangan. Ataupun, mereka yang meinginkan dhahir-dhahir mutasyabih seperti
golongan mujassimah yang menetapkan bahawasanya Allah itu jisim, menetapkan
rupa bentuk bagi zat itu adalah wajah, menetapkan mata, tangan, bahu, kaki dan
jemari bagiNya…”
Point kedua yang ditulis Asrie itu justru kenyataanya
berbeda, Asrie sadar atau tidak demikian juga kaum wahabi, telah menisbatkan
sifat-sifat aib bagi Allah Ta’ala. Banyak sekali ulama wahabi yang menisbatkan
sifat-sifat aib pada Allah, akibat pemahaman dangkal dan sempit mereka dalam
agama Islam ini khususnya dalam masalah akidah sebagaimana akan saya contohkan
kemunafikan dan kebodohan wahabi sebentar lagi.
Point ketiga yang ditulis Asrie itu jutsru kenyataanya
banyak ulama wahabi yang bercakap dalam masalah sifat tanpa sandaran dalil yang
sahih daripada naqal bahkan dengan hadits dhaif. Contoh :
Ibnul Qayyim pengagum Ibnu Taimiyyah yang menjadi
ulama rujukan kaum wahabi mengatakan :
“ Pendapat imam
muslimin yang dijuluki Penerjemah lisan al-Quran yaitu Abdullah bin Abbas
radhiallahu ‘anhuma: telah disebutkan oleh imam Baihaqi tentang firman Allah
Ta’aala :
الرّحْمٰنُ عَلَى العَرْشِ اسْتَوَى
“
Ar-Rahman beristiwa di Arsy “ (QS. Thaha : 5)
Ibnu Abbas
menafsirkannya : “ Istaqarra / bersemayam “.[15]
Imam Baihaqi menjelaskan bahwa riwayat itu adalah mungkar :
“….Riwayat
tersebut (yang mengatakan Abdullah bin Abbas menafsirkan istiwa dengan
bersemayam) adalah mungkar “.[16]
Di antara ulama Wahhabi
yang membahas secara mendalam tentang bentuk rupa Allah adalah syaikh Hamud
at-Tuwaijari hingga ia mengarang kitab dengan judul “ Aqidah ahli iman fii
khlaqi Adam ‘alaa shuratir Rahman “ dan mendapat sambutan hangat dari Ibnu
Baaz.
Albani membuka kebusukan Hamud at-Tuwaijari tersebut
yang mengambil dalil akidah dari hadits dhoif, perhatikan komentar Albani
berikut ini :
“
Dalam kesempatan ini aku katakana : Sungguh telah berbuat buruk syaikh
at-Tuwaijari terhadap akidah dan sunnah yang sahih secara bersamaan dengan
karya tulisnya yang ia namai “ Aqidah ahli iman fii khlaqi Adam ‘alaa shuratir
Rahman “, karena akidah itu tidak boleh kecuali harus dengan hadits yang sahih..”
kemudian Albani mengatakan setelahnya : “ Bagaimana at-Tuwaijari mensahihkan
hadits itu, sedangan ia tahu bahwa Ibnu Luhai’ah adalah seorang rawi yang
dhaif, dsamping itu at-Tuwaijari telah mendistorsi tautsiqnya (pada halaman 27)
walaupun dengan merubah ucapan para ulama hafidz hadits dan memotong ucapa
mereka. Dia (at-Tuwaijari) berkata : “ Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata di dalam
kitab at-Taqrib : “ Dia adalah shaduq “, sedangkan di tidak menampilkan ucapan
Ibnu Hajar secara lengkapnya berikut : “ Ia mengalami kesalahan setelah
kitabnya terbakar, sedangkan riwayat Ibnul Mubarak dan Ibnu Wahb lebih adil
lainnya “, Hadits ini bukanlah dari riwayat salah satunya, apa yang pantas
disebut bagi orang yang menukil ucapan secara sepotong-potong dan menyembunyikan
sebagian yang lainnya ? perbuatan at-Tuwaijari semacam ini sangat banyak tidak
cukup menjelaskannya di ta’liq ini “.[17]
Dalam penjelasan Albani diketahui bahwa selain Hamud
at-Tuwaijari berdalil dalam akidah dengan hadits dhaif, at-Tuwaijari juga telah
melakukan kecurangan dengan memotong ucapan al-Hafidz Ibnu Hajar. Bahkan
menurut Albani bukan hanya di sini saja at-Tuwaijari melakukan kecurangan,
sangat banyak kecurangan dan ketidak amanatan yang dilakukan at-Tuwaijari.
Wahai Asrie, itu kah manhaj ulama salafmu,
mereka kah ulama sunnahmu ??
Asrie mengatakan :
Adapun ((Zahir Nas)) menurut Ahlus Sunnah
wal Jama’ah adalah maksud yang jelas dalam bahasa ‘Arab yang difahami sesuai
dengan qarinah-qarinah Nas dan tidak ada dalam al-Quran mahupun Hadis Nabawi
zahir nas yang membawa waham Tasybih atau Tamsil, bahkan Zahir Nas adalah hak
dan Tauhid kerana ALLAH ta’ala menyatakan dalam al-Quran; Kitab al-Quran adalah
Kitab Hidayah dan penjelasannya adalah “Mubin” (sangat jelas dan terang).
Saya jawab :
Benarkah apa yang dikatakan oleh Asrie ini, bahwa
Ahlus sunnah memahami teks mutasyabihat atau nash shifat dengan zahir nash ?
benarkah ini ajaran atau metode ulama salaf ? jawabannya tidak sama sekali, itu
hanyalah metode bid’ah ciptaan kaum wahabi saja, bukan metode Ahlus sunnah dan
ulama salaf membebaskan diri dari metode bid’ah semacam itu.
Al-Imam Badruddin bin Jama’ah[18] menegaskan tentang prinsip ulama salaf dalam menyikapi nash shifat sebagai berikut :
“ Barangsiapa yang menganut (mengaku) mengikuti ucapan
ulama salaf, dan berucap dengan ucapan tasybih (penyerupaan) atau takyiif
(visualisasi), atau membawa lafaz atas zahirnya dari apa yang Allah Maha Suci
darinya berupa sifat-sifat baharu, maka dia telah berdusta mengaku mengikuti
madzhab salaf, lepas dari ucapan dan keseimbangan salaf “. [19]
Imam Al-Qurthubi mengatakan :
“ Sungguh telah diketahui sesungguhnya madzhab ulama
salaf adalah meninggalkan memperdalam (pembicaraan makna) disertai keyakinan
mereka dengan kemustahilan zahir-zahirnya, maka mereka mengatakan : “ Laluilah
sebagaimana datangnya “.[20]
Perhatikan kedua imam besar di atas mengatakan dengan
tegas bahwa madzhab salaf itu adalah tidak memaknainya dengan makna zahir nash
shifat, bahkan mereka yang membawa kepada zahirnya adalah berdusta dalam
mengaku ikut madzhab salaf.
Imam asy-Syathibi mengatakan :
ومثاله في ملة الاسلام مذهب الظاهرية في
اثبات الجوارح للرب المنزه عن النقائص من العين واليد والرجل والوجه المحسوسات
والجهة وغير ذالك من الثابت للمحدثات
“ Dan misalnya (ahli bid’ah yang menyimpang dari ushul) di dalam
agama Islam adalah madzhab Dhzahiriyyah (kelompok literalisme) yang menetapkan
anggota tubuh (organ tubuh) bagi Allah yang Maha Suci dari segala kekurangan, berupa
dari mata, tangan, kaki, wajah yang bersifat indrawi, arah dan selainnya dari
penetapan hal-hal yang baru “.[21]
Mereka yang suka mengikuti tekstualitas berarti telah
menetapkan jarihah (organ) kepada Allah, kaum semacam ini disebut oleh imam
asy-Syathibi sebagai kaum bid’ah dalam ushul.
Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Atsqalani berkata :
“ Ucapan : “ Allah Ta’ala turun di setiap malam “, Umat
Islam berbeda pendapat dalam memehami makna turun, atas beberapa pendapat. Di
antara mereka ada yang membawa maknanya atas zahirnya, mereka adalah kaum
musyabbihah (menyerupakan Allah dengan makhluk), dan Allah Maha Suci dari
ucapan mereka ini. Di antara mereka ada yang mengingkari kesahihan
hadits-hadits yang warid itu secara jumlah, mereka adalah kaum khowarij dan
Mu’tazilah, ini adalah sebuah kesombongan nyata. Di antara mereka ada yang
mentakwilnya. Di antara mereka ada yang melaluinnya atas apa yang datang,
dengan mengimaninya dengan jalan pemahaman globalnya, dengan tetap mensucikan
Allah dari kaifiyyah dan tasybih, mereka adalah madzhab mayoritas ulama salaf “[22].
Perhatikan ucapan Ibnu Hajar, seorang imam ahli
hadits, amirul mukminin fil hadits mengatakan bahwa mereka yang membawa pada
makna zahir adalah kaum yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya. Masih kah
kurang jelas dengan ucapan ini wahai wahabi ? atau kalian akan
menyesat-nyesatkan imam Ibnu Hajar ?? falaa haula walaa quwwata illaa billah...sesatkanlah
semua ulama Ahlus sunnah wahai wahabi, Allah adalah penghisabmu...
Imam al-Abiy
ketika menjelaskan hadits :
إن الله يمسك السموات على أصبع:
“ Sesungguhnya Allah menahan langit-langit di atas jari-jari “.
Maka beliau
mengomentarinya :
والحديث من أحاديث الصفات فيصرف الكلام عن
ظاهره المحال الموهم للجارحة، ويكون فيه المذهبان المتقدمان، إما الإمساك عن
التأويل والإيمان به على ما يليق، ويصرف علمه إلى الله تعالى، أو يتأول
“ Hadits itu termasuk hadits shifat, maka ucapan itu
dipalingkan dari dhahirnya yang mustahil dan mewahamkan kepada organ tubuh.
Maka ada dua madzhab terdahulu dalam menyikapinya, adakalanya menahan dari
takwil serta mengimaninya terhadap makna yang layak bagi Allah dan menyerahkan
ilmunya kepada Allah atau mentakwilnya “.[23]
Kemudian Asrie membawakan dalil-dalil al-Quran dan
hadits yang dipalingkan maksudnya sesuai pemahaman jahilnya. Sama sekali
ayat-ayat yang dibawakan tidak menunjukkan dalil nash shifat untuk membawa
kepada makna zahirnya.
Asrie mengatakan :
Al-Imam
Nu’aim bin Hammad al-Khuza’ie –rahimahullah- [w. 228 H] berkata:
من
شبه الله بخلقه فقد كفر، ومن جحد ما وصف الله به نفسه فقد كفر
Maksudnya:
“Barangsiapa menyamakan ALLAH dengan makhluk-Nya maka dia telah kafir,
barangsiapa mengingkari apa yang ALLAH telah sifatkan dengannya diri-Nya maka
dia telah kafir”.
Saya jawab :
Memang benar apa
yang diucapkan Imam Nu’aim bin Hammad tersebut, semua sifat Allah tidak
mengandung tasybiih jika disikapi dengan sikap yang sesuai Allah perintahkan
yaitu menyikapinya dengan sikap yang diterapkan ulama salaf yakni tafwidhul
makna atau mentakwilnya sesuai takwil yang benar yang mensucikan Allah dari
sifat-sifat makhluk-Nya. Namun apa yang dilakukan kaum wahabi justru
sifat-sifat Allah menjadi tasybih kepada makhluk-Nya yaitu dengan menuruti makna
zahirnya. Kaum wahabi justru memaknai ayat-ayat shifat Allah dengan apa yang
terlintas dalam pikiran mereka seperti memaknai istiwa dengan bersemayam dan
duduk. Inilah makna sebenarnya dari ucapan imam Nu’aim bin Hammad tersebut.
Asrie mengatakan :
Lalu
al-Imam Ibn Katsir –rahimahullah- [w. 774 H] menyambung:
وليس
فيما وصف الله به نفسه ولا رسوله تشبيه، فمن أثبت لله تعالى ما وردت به الآيات
الصريحة والأخبار الصحيحة، على الوجه الذي يليق بجلال الله تعالى، ونفى عن الله
تعالى النقائص، فقد سلك سبيل الهدى
Maksudnya:
“dan tiada pada apa yang ALLAH sifatkan dengannya diri-Nya itu tasybih dan
tidak juga apa yang Rasul-Nya sifatkan akan Dia ada padanya Tasybih, maka
barangsiapa yang menetapkan bagi ALLAH ta’ala apa yang datang dengannya
ayat-ayat yang “jelas” dan khabar-khabar yang sahih sesuai dengan wajah yang
layak bagi kebesaran ALLAH ta’ala dan menafikan daripada ALLAH ta’ala segala
kekurangan maka dia telah menempuh jalan hidayah”. [Tafsir al-Quran
al-'Azim, 1/762, Dar Kunuz Ishbilia]
Saya jawab :
Ini suatu bentuk manipulasi dan dutsa nyata dari Asrie atas nama al-Hafidz Ibnu Katsir dan mahu mengaburkan pembaca. Kenapa Asrie tidak menukil teks Ibnu Katsir secara lengkap dan utuh?? Sekarang kita simak teks sebelumnya yang tidak dinukil oleh Asrie ini :
Umat muslim dalam bab ini memiliki banyak pendapat,
ini bukan tempatnya menejlaskan secara detailnya, dan sesungguhnya kami dalam
bab ini hanyalah mengikuti mazhab salaf shalih, Malik, al-Awza’i, ast-Tsauri,
Laits bin Sa’ad, asy-Syafi’i, Ahmad, Ishaq bin Rahawih dan selain mereka dari
para imam muslim sama ada dahulu atau belakangan, yaitu melalui ayat-ayat itu
sebagaimana datangnya tanpa takyif, tasybih dan ta’thil. Dan Lafadz
zahir yang terlintas di dalam pikiran musyabbihah (kaum yang menyerupakan Allah
dengan makhluk) dinafikan dari Allah Ta’ala yang tidak ada sesuatu apapun dari
makhluk-Nya yang menyerupai Allah. Dan di dalamnya “ Tidak ada sesuatu pun yang
menyerupai Allah, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Bahkan sikap
yang benar adalah sebagaimana dikatakan para imam seperti Nu’im bin Hammad : “Barangsiapa
menyamakan ALLAH dengan makhluk-Nya maka dia telah kafir, barangsiapa
mengingkari apa yang ALLAH telah sifatkan dengannya diri-Nya maka dia telah
kafir. dan tiada pada apa yang ALLAH sifatkan dengannya diri-Nya itu tasybih
dan tidak juga apa yang Rasul-Nya sifatkan akan Dia ada padanya Tasybih, maka
barangsiapa yang menetapkan bagi ALLAH ta’ala apa yang datang dengannya
ayat-ayat yang “jelas” dan khabar-khabar yang sahih sesuai dengan wajah yang
layak bagi kebesaran ALLAH ta’ala dan menafikan daripada ALLAH ta’ala segala
kekurangan maka dia telah menempuh jalan hidayah”.[24]
Dalam muka surat lainnya bahkan Ibnu Katsir sesekali mengikuti mazhab takwil, cuba perhatikan :
“ Dan langit kami bangun dengan “ aydin “ dan kami
benar-benar meluaskannya “. (Ibnu Katisr menafsirkan) : “ Dan langit kami
bangun”, maksunya adalah kami jadikan atap yang terjaga dan tinggi , “ Dengan
ayidn “, maksudnya adalah dengan kekuasaan “, telah menafsirkan hal itu (dengan
kekuasaan) Abbas, Mujahid, Qatadah, ast-Tsauri dan selain satu (banyak) “. [25]
Perhatikan dan renungkan wahaI Asrie dan wahabi,
perhatikan ucapan Ibnu Katsir di atas..beliau mengikuti mazhab salaf yang
mayoritas mereka tidak memahami nash shifat dengan makna zahirnya. Bahkan Ibnu
Katisr membuktikan ada ulama salaf yang tidak sedikit yang juga mentakwil ayat
shifat seperti contoh di atas, di antara ulama salaf yang juga mentakwil adalah
Abbas, Mujahid, Qatadah, ast-Tsauri dan banyak lagi kata beliau. Ini juga
merupakan bukti dan fakta bahwa kaum Asy’ariyyah dan Maturudiyyah mengikuti
mazhab ulama salaf yang mayoritas mentafwidh makna nash-nash shifat dan
sebagian lagi dari ulama salaf yang mentakwil. Masihkah Asrie dan kaum wahabi
menolak ucapan Ibnu Katisr dan fakta kebenaran ini ??
Ditulis Oleh:
1- Ustzh Shofiyyah an-Nuuriyah
2- Ust Ibnu Abdillah al-Katibiy
p/s: Ada beberapa matan arab dalam bentuk image yang tidak dilampirkan kerana terlalu banyak kerja perlu dilakukan kerana kerja-kerja edit akan mengambil masa yang lama, maka kami putuskan tidak letakkan bagi menjimatkan masa, namun bagi sesiapa yang mahu, kami akan emailkan file wordnya yang lengkap dengan matan arab.
[1] I’tiqad Ahlis Sunnah : 3/398
[2] Al-Mudhisy : 1/137
[4] Asma wa ash-Shifat : 452
[5] Al-Itiqad wal Hidayah : 1/117
[6] At-Tamhid : 7/144
[7] Tafisr al-Qurthubi :
[8] Tafsir al-Qurthubi : 1/291
[9] Al-‘Awashim min al-Qawashim : 228
[10] Ibid
[11] Al-I’tiqad wa al-Hidayah : 118
[12] Ruhul Ma’ani, Juz. 6, Hal. 80. Al Maktabah Asy Syamilah
[13] Fath al-Bari : 8/596
[14] Aqaawil ats-Tsiqaat : 62
[15]
Ijtima’ al-Juyusy
al-Islamiyyah, Ibnul Qayyim : 2/249, edisi tahqiq Dr. ‘Awad Abdullah, cetakan
pertama, tt; 1988 M.
[18] Ibnu Katsir berkata : “ Beliau adalah Ibnu Jama’ah seorang Qadhi dari
semua Qadhi, seorang alim, syaikh Islam, mendengar hadits dan sibuk dengan
ilmu, sehingga mendapatka ilmu yang bermacam-macam dan menjadi unggul dari
sahabat-sahabatnya. Semua itu disertai sifat kepemimpinan, kewibawaan,
kehormatan, wira’i, sabar dari gangguan orang lain, dan ia memiliki karya-karya
tinggi yang bermanfaat “. Al-Bidayah wa an-Nihayah : 14/163
[19] Iydhah ad- Dalil fi Qat’i Hujaji Ahli ath-Ta’thil : 93
[20] Al-Jami’ li Ahkaam al-Quran : 4/12
[21] Al-I’tisham
: juz 1 halaman : 240, cetakan Dar al-Fikr-Maktabah lir Riyadh al-Haditsah-
Bathah-Riyadh
[22] Fath al-Bari : 3/30
[23] Syarh Sahih Muslim, al-Abiy : 1/190
[24] Tafsir Ibnu Katisr : 2/294
[25] Tafsir Ibnu Katisr : 4/303
No comments: